Minggu, 17 Agustus 2008

Soutzoukakia (Greek Meatball in Tomato Sauce)


Masakan ini sangat populer di Yunani. Hanya harus hati-hati jika ingin membeli jenis masakan ini di restoran, sebab tidak terjamin halalnya.

Hidangan bola daging ini memang disajikan dengan nasi. Nasi Yunani jenisnya beras perah. Mirip beras yang di Indonesia biasa buat beras jatah kantor. Kalau di masak nasinya jadi berpencar-pencar.

Ketika keponakan suami datang ke rumah kami, dia tidak suka nasi Indonesia. Katanya lengket. Justru nasi kita yang lengket yang pulen. He he he....


Bahan untuk 8 porsi:

500 gram daging sapi giling
1 telur
2 siung bawang putih dihaluskan
1 bawang bombay atau 10 barang merah dihaluskan
2 lembar roti tawar direndam air agar lembut
2 sdm irisan daun parsley
1/2 sendok teh daun oregano halus
Lada dan garam secukupnya

Bahan Saus tomat:

1 kilo tomat segar diblender
1 sendok teh gula pasir
1 batang kecil kayu manis
2 buah cengkeh
1 siung bawang putih
Garam dan bubuk cabe jika suka pedas

Cara membuat bola daging:

Masukkan daging giling dalam mangkuk besar. Lalu campur dengan roti yang lembut (peras air rendaman), telur, bawang putih dan bawang merah halus, lada, garam, irisan parsley dan bubuk oregano. Aduk rata adonan dengan tangan sambil diremas hingga merata. Bentuk adonan sebesar bakso dan lonjongkan.

Goreng adonan bola daging. Sementara itu di panci lain, masak saus tomat dengan cara mencampur semua bahannya. Setelah masak bola daging langsung masukkan dalam saus tomat yang mendidih.


Hidangkan dengan nasi putih.

1 komentar:

Nic-Nic mengatakan...

Halo Mbak tati

lam kenal ya...

Wah...wah ternyata mbak hartati juga nulis buku masakan ya..kapan nih terbit di Indonesia , SEptember ya?

O,ya aku tinggal di Malaysia,suamiku malaysian. So di abilang di Indonesia berasnya banyak kanjinya,alias melekat. Disini berasnya kurang kanji,dan juga banayk memakai beras basmati, yg bulirnya kurus dan panjang2, ngepyur (gak lengket).