Jumat, 22 Agustus 2008

Kourabiethes (Greek Almond Biscuit)


Kourabiethes adalah biskuit tradisonal orang Yunani. Biasanya hanya hadir disaat perayaan hari besar dan tahun baru saja.

Di Yunani biskuit almond ini sangat terkenal. Di beberapa toko souvenir dijual sebagai oleh-oleh para turis yang datang ke Yunani.. Biasanya dijual per kardus dan perkilo harganya 15 hingga 20 euro. Agak mirip kue putri salju (cuma bentuknya beda) namanya kourabietes. Kourabietes ini campurannya almond yang dihancurkan.

Bahan:

600g butter
400g almonds,dihaluskan
230gula halus (icing sugar)
50g air mawar
1200 g tepung
gula halus untuk pembalut biskuit

Cara membuat:

Siapkan almond yang dihancurkan menjadi bentuk halus (dipotong-potong atau blender). Gongseng sebentar di oven agar almondnya renyah (crunchy). Jangan kelamaan gongsengnya karena akan mempengaruhi rasa biskuit.
Kocok butter dan gula halus hingga lembut. Semakin lama dikocok butternya maka semakin lembut biskuitnya. Lalu masukkan tepungnya sedikit demi sedikit hingga semau tercampir rata. Masukkan air mawar dan remahan almond. Aduk adonan hingga rata. Cetakn adonan denagn tangan. Cetak bulat-bulat seperti bola kecil, lalu tekan sedit atasnya agar adonannya tidak terlalu bundar. Lihat gambar. Panggang dalam oven 200 C selama 15 menit. Ingat jangan terlalu lama memanggangnya sebab akan menjadi keras. Warna biskuit ini putih tidak kuning. Setelah diangkat kourabiethes diamkan agar dingin. Setelah dingin lalu balurkan dengan gula halus (sama dengan kue putri salju).

Tidak ada komentar: