Jumat, 29 Agustus 2008

Ikan Pangek



Aneka kurma isi ternyata diminati oleh beberapa anggota milis kuliner. Melalui email mereka ingin memesan kurma isi. Namun apa daya saya berada jauh di negeri orang.
Jika Anda pemilik catering kue dan pecinta kuliner silahkan dicoba membuat kurma isi dijual dalam kardus. Kurma isi ini di negera Timur Tengah dan Afrika seperti Tunisia dan Al Jazair, Marokko dijadikan oleh-oleh.

Agar bervariasi kali ini saya suguhkan hidangan gulai khas Sumatra Barat. Saya belajar membuat gulai pangek dari Nenek tercinta almarhum Nuriah. Nenek memasak selalu lezat. Nenek memasak tanpa bumbu penyedap rasa. Rahasianya ada pada bawang merah dan bumbu yang harus sesuai dengan bahan ikan. Hingga saat ini saya memasak selalu mengutamakan bawang merah yang lebih banyak. Memang bawang memberikan ras gurih dan manis yang alami.

Bumbu pangek tidak akan saya tulis di blog ini. Sebab resepnya akan ditulis dalam buku saya selanjutnya.

Ikan pangek ini cocok sekali untuk hidangan sahur. Sebab rasanya pedas, asam dan gurih bisa menghilangkan rasa kantuk.

Tidak ada komentar: